Model Pembelajaran Tematik SD MI Kelas 1-3 Kurikulum 2013

Merupakan file contohformat.net yang bisa digunakan untuk melengkapi semua keperluan administrasi di sekolah yang berhubungan dengan Download, Guru, Kurikulum 2013, MI, Microsoft PowerPoint, Penilaian, Perangkat Pembelajaran, SD bisa juga di gunakan sebagai bahan perbandingan atau referensi sesuai keperluan sekolah agar lebih mudah dalam membuat dan mengelola semua kelengkapan Administrasi Guru di sekolah, Untuk lebih jelasnya silahkan disimak Ulasan dan referensi tentang file Model Pembelajaran Tematik SD MI Kelas 1-3 Kurikulum 2013 dibawah ini:

Berikut ini adalah berkas mengenai paparan Model Pembelajaran Tematik SD MI Kelas 1-3 Kurikulum 2013. Download file format .pptx Microsoft PowerPoint.

Model Pembelajaran Tematik SD MI Kelas 1-3 Kurikulum 2013
Model Pembelajaran Tematik SD MI Kelas 1-3 Kurikulum 2013

Model Pembelajaran Tematik SD MI Kelas 1-3 Kurikulum 2013

Berikut ini kutipan teks dari isi berkas mengenai Model Pembelajaran Tematik SD MI Kelas 1-3 Kurikulum 2013:

Model Pembelajaran Tematik SD MI Kelas 1-3 Kurikulum 2013

Latar Belakang
  • Peserta didik kelas satu, dua, dan tiga berada pada rentangan usia dini yang masih melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan (holistik) sehingga pembelajarannya masih bergantung kepada objek-objek konkrit dan pengalaman yang dialaminya. 
  • Pelaksanaan kegiatan pembelajaran di SD kelas I – III yang terpisah untuk setiap mata pelajaran, akan menyebabkan kurang mengembangkan anak untuk berpikir holistik.
  • Terdapat permasalahan pada kelas awal (I-III) antara lain adalah tingginya angka mengulang kelas dan putus sekolah.

Pengertian
  • Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman belajar yang bermakna kepada peserta didik. 
  • Tema adalah pokok pikiran atau gagasan pokok yang menjadi topik pembelajaran. 

Tujuan
  • Memusatkan perhatian peserta didik mudah pada suatu tema materi yang jelas; 
  • Mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran dalam tema yang sama; 
  • Pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan; 
  • Memudahkan guru dalam mempersiapkan dan menyajikan bahan ajar yang efektif. 

Manfaat Pembelajaran Tematik
  • Menghilangkan tumpang tindih bahan ajar.
  • Peserta didik memahami hubungan yang bermakna antar mata pelajaran. 
  • Pembelajaran menjadi utuh oleh peserta didik akan mendapat pengertian mengenai konsep dan materi yang tidak terpecah-pecah.
  • Penguasaan konsep oleh peserta didik akan semakin baik meningkatan.

Karakteristik Pembelajaran Tematik 
  • Berpusat pada peserta didik
  • Memberikan pengalaman langsung
  • Tidak terjadi pemisahan mata pelajaran 
  • Menyajikan konsep yang terpadu dari berbagai mata pelajaran 
  • Bersifat fleksibel
  • Proses pembelajaran mudah disesuaikan dengan minat dan kebutuhan peserta didik
  • Menggunakan prinsip pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan

Implikasi Pembelajaran Tematik
Implikasi bagi:
  • Guru : harus kreatif dalam menyiapkan kegiatan/pengalaman belajar bagi peserta didik, memilih kompetensi dari berbagai mata pelajaran dan mengaturnya agar pembelajaran menjadi lebih bermakna, menarik, menyenangkan dan utuh. 
  • Peserta didik: harus siap mengikuti kegiatan pembelajaran baik secara individual, pasangan, kelompok kecil ataupun klasikal dan mengikuti secara aktif kegiatan pembelajaran yang bervariasi.

Sarana prasarana, sumber belajar dan media:
  • Memerlukan berbagai sarana dan prasarana belajar. 
  • Memanfaatkan berbagai sumber belajar.
  • Mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran yang bervariasi.
  • Masih dapat menggunakan bahan ajar yang sudah ada saat ini untuk masing-masing mata pelajaran dan menggunakan buku suplemen khusus yang memuat bahan ajar yang terintegrasi .

Pengaturan ruang kelas:
  • Ruang perlu ditata disesuaikan dengan tema yang sedang dilaksanakan. 
  • Susunan bangku peserta didik dapat berubah-ubah disesuaikan dengan keperluan pembelajaran yang sedang berlangsung
  • Peserta didik tidak selalu duduk di kursi tetapi dapat duduk di tikar/ karpet
  • Dinding kelas dapat dimanfaatkan untuk memajang hasil karya peserta didik dan dimanfaatkan sebagai sumber belajar
  • Alat, sarana dan sumber belajar hendaknya dikelola sehingga memudahkan peserta didik untuk menggunakan dan menyimpannya kembali.

Pemilihan metode: pembelajaran dilakukan dengan menggunakan berbagai variasi metode (percobaan, bermain peran, tanya jawab, demonstrasi, bercakap-cakap) baik di dalam kelas maupun di luar kelas

Pemetaan Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator Dalam Tema
Kegiatan pemetaan ini dilakukan untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh dan utuh semua standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator dari berbagai mata pelajaran yang dipadukan dalam tema yang dipilih.

Penilaian Dalam Pembelajaran Tematik
  • Penilaian dalam pembelajaran tematik adalah suatu usaha untuk mendapatkan berbagai informasi secara berkala, berkesinambungan, dan menyeluruh tentang proses dan hasil dari pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai oleh peserta didik melalui pembelajaran. 
  • Penilaian di kelas I, II, dan III mengikuti aturan penilaian mata-mata pelajaran lain di Sekolah Dasar. Mengingat bahwa peserta didik kelas I SD belum semuanya lancar membaca dan menulis, maka cara penilaian di kelas I tidak ditekankan pada penilaian secara tertulis.
  • Kemampuan membaca, menulis, dan berhitung merupakan kemampuan yang harus dikuasai oleh peserta didik. Oleh karena itu, penguasaan terhadap ke kemampuan tersebut adalah prasyarat untuk kenaikan kelas.
  • Penilaian dilakukan dengan mengacu pada indikator masing-masing Kompetensi Dasar dari masing-masing mata pelajaran.
  • Penilaian dilakukan secara terus menerus dan selama proses belajar mengajar berlangsung, misalnya sewaktu peserta didik bercerita pada kegiatan awal, membaca pada kegiatan inti, dan menyanyi pada kegiatan akhir.
  • Hasil karya/kerja peserta didik dapat digunakan sebagai bahan masukan bagi guru dalam mengambil keputusan untuk peserta didik misalnya: penggunaan tanda baca, ejaan kata, maupun angka. 
  • Pada pembelajaran tematik penilaian dilakukan untuk mengkaji ketercapaian Kompetensi Dasar dan Indikator pada tiap-tiap mata pelajaran yang terdapat pada tema tersebut. Dengan demikian penilaian dalam hal ini tidak lagi terpadu melalui tema, melainkan sudah terpisah-pisah sesuai dengan Kompetensi Dasar dan Indikator mata pelajaran.
  • Nilai akhir pada laporan (raport) dikembalikan pada kompetensi mata pelajaran yang terdapat pada kelas I, II, dan III Sekolah Dasar.
Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas tentang Model Pembelajaran Tematik SD MI Kelas 1-3 Kurikulum 2013 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

Model Pembelajaran Tematik SD MI Kelas 1-3 Kurikulum 2013



Download File:
Model Pembelajaran Tematik SD MI Kelas 1-3 Kurikulum 2013.pptx

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file paparan mengenai Model Pembelajaran Tematik SD MI Kelas 1-3 Kurikulum 2013. Semoga bisa bermanfaat.

Download Aplikasi Admnistrasi Guru :

    Semoga dengan adanya file Tentang yang Admin bagikan/Share di atas bisa membantu dan memenuhi Semua Kelengakapan Administrasi Sekolahnya masing-masing demi peningkatan mutu pendidikan dalam menghadapi era globlisai dan modernisasi.

    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Model Pembelajaran Tematik SD MI Kelas 1-3 Kurikulum 2013"

    Post a Comment