Panduan Pendaftaran Bidikmisi Tahun 2019 Jalur SNMPTN, SBMPTN, PMDK-PN, UMPN dan Mandiri

Merupakan file contohformat.net yang bisa digunakan untuk melengkapi semua keperluan administrasi di sekolah yang berhubungan dengan Beasiswa, Download, Kemdikbud, Kemenristekdikti, Panduan, PDF, Pedoman, Perguruan Tinggi, SBMPTN, SMA, SNMPTN bisa juga di gunakan sebagai bahan perbandingan atau referensi sesuai keperluan sekolah agar lebih mudah dalam membuat dan mengelola semua kelengkapan Administrasi Guru di sekolah, Untuk lebih jelasnya silahkan disimak Ulasan dan referensi tentang file Panduan Pendaftaran Bidikmisi Tahun 2019 Jalur SNMPTN, SBMPTN, PMDK-PN, UMPN dan Mandiri dibawah ini:

Berikut ini adalah berkas Panduan Pendaftaran Bidikmisi Tahun 2019 Jalur SNMPTN, SBMPTN, PMDK-PN, UMPN dan Mandiri. Download file format PDF.

Panduan Pendaftaran Bidikmisi Tahun 2019 Jalur SNMPTN dan SBMPTN
Flowchart Pendaftaran Bidikmisi Tahun 2019 Jalur SNMPTN dan SBMPTN

Panduan Pendaftaran Bidikmisi Tahun 2019 Jalur PMDK-PN, UMPN dan Mandiri
Flowchart Pendaftaran Bidikmisi Tahun 2019 Jalur PMDK-PN, UMPN dan Mandiri

Berkas Panduan Pendaftaran Bidikmisi Tahun 2019 Jalur SNMPTN dan SBMPTN dan Panduan Pendaftaran Bidikmisi Tahun 2019 Jalur PMDK-PN, UMPN dan Mandiri ini diterbitkan oleh Subdit Kesejahteraan dan Kewirausahaan Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti -Ditjen Belmawa Kemenristekdikti Tahun 2019.

Panduan ini ditujukan untuk para siswa Sekolah Menengah Atas, Kepala  Sekolah, Guru dan Orang Tua.

Bidikmisi adalah salah satu upaya untuk membantu asa para siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi tetapi berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi.

Bidikmisi yang dikelola oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa), untuk tahun 2019 telah ditingkatkan kuotanya hingga 50% lebih tinggi daripada tahun sebelumnya. Hal ini dimaksudkan agar Program Bidikmisi dapat memberikan layanan bantuan yang lebih luas lagi kepada para siswa yang memerlukan.

Selain itu, pada tahun ini juga Kemenristekdikti bersama dengan Majelis Rektor PTN se Indonesia (MRPTNI) telah melakukan transformasi yang signifikan terhadap Sistem Seleksi Mahasiswa Baru, baik secara kelembagaan dengan dibentuknya Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), maupun secara substansi tes dan pelaksanaannya melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dapat diikuti oleh siswa lebih dari satu kali.

Dengan berbagai upaya lain yang dipadukan untuk lebih meningkatkan kualitas sumberdaya manusia terdidik, diharapkan negara dapat hadir memfasilitasi dengan lebih baik agar para siswa memiliki kesempatan yang lebih luas untuk belajar di jenjang pendidikan tinggi.

Panduan Pendaftaran Bidikmisi Tahun 2019 Jalur SNMPTN, SBMPTN, PMDK-PN, UMPN dan Mandiri

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Panduan Pendaftaran Bidikmisi Tahun 2019 Jalur SNMPTN, SBMPTN, PMDK-PN, UMPN dan Mandiri:

APA ITU BIDIKMISI ?
Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi.

Bidikmisi bertujuan untuk meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi; meningkatkan prestasi mahasiswa; menjamin keberlangsungan studi mahasiswa dengan tepat waktu; dan melahirkan lulusan yang mandiri, produktif serta memiliki kepedulian sosial sehingga mampu berperan dalam upaya pemutusan mata rantai kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat.

PERSYARATAN PENERIMA BIDIKMISI
Penerima Bidikmisi adalah siswa SMA atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 1 (satu) tahun sebelumnya; memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah dan lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru pada perguruan tinggi.

Keterbatasan ekonomi dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali sebesar Rp 4.000.000,00 (empat juta rupiah) atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

Calon penerima bidikmisi wajib terdaftar pada sistem Bidikmisi dengan memasukkan NPSN dan NISN yang valid.

FASILITAS BAGI PENERIMA BIDIKMISI
  • Pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk SBMPTN serta seleksi lain yang ditetapkan oleh masing-masing panitia dan perguruan tinggi.
  • Penggantian biaya kedatangan pertama untuk pendaftar Bidikmisi yang ditetapkan sebagai penerima Bidikmisi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.
  • Pembebasan biaya pendidikan yang dibayarkan ke perguruan tinggi.
  • Subsidi biaya hidup sebesar Rp. 700.000,00 (tujuh ratus ribu rupiah) per bulan. 

JANGKA WAKTU PEMBERIAN BIDIKMISI
  • Program Sarjana maksimal 8 (delapan) semester;

Program Profesi:
  • Dokter maksimal 4 (empat) semester
  • Dokter Gigi maksimal 4 (empat) semester
  • Dokter Hewan maksimal 4 (empat) semester
  • Ners maksimal 2 (dua) semester
  • Apoteker maksimal 2 (dua) semester 

PENDAFTARAN BIDIKMISI
Tata cara pendaftaran Bidikmisi jalur SNMPTN dan SBMPTN, dilakukan secara online melalui laman:

Tata cara  pendaftaran Bidikmisi jalur PMDK-PN, UMPN dan Seleksi  Mandiri dilakukan secara online melalui laman Bidikmisi (https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/)

TAHAPAN PENDAFTARAN

1. Bagi siswa :
a. Penerima KIP dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri pada laman LTMPT atau Bidikmisi.
b. Bukan penerima KIP mendaftar ke sekolah untuk direkomendasikan

2. Bagi sekolah :
a. Sudah memiliki Kode Akses Sekolah langsung merekomendasikan masing-masing siswa melalui laman Bidikmisi menggunakan kombinasi NPSN dan NISN
b. Belum memiliki Kode Akses Sekolah mendaftarkan diri sebagai institusi pemberi rekomendasi ke laman Bidikmisi dengan melampirkan hasil pindaian (scan) (Lampiran 1 bagian persetujuan dan tanda tangan). Ditjen Belmawa Kemenristekdikti memverifikasi pendaftaran sekolah dan mengeluarkan Kode Akses Sekolah (1 x 24 jam pada hari dan jam kerja)

3. Sekolah memberikan nomor pendaftaran dan kode akses kepada siswa yang sudah direkomendasikan.

4. Siswa mendaftar melalui laman Bidikmisi dan menyelesaikan semua tahapan dalam sistem pendaftaran.

5. Bagi calon mahasiswa penerima Bidikmisi yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, akan dilakukan verifikasi lebih lanjut dan penetapan kelayakan mahasiswa penerima Bidikmisi oleh perguruan tinggi dengan mempertimbangkan dokumen pendukung.

Laman LTMPT: https://ltmpt.ac.id/
Laman Bidikmisi: https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/

INFORMASI LEBIH LANJUT:
Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Gedung D Lantai 4, Jalan Pintu 1 Senayan
Email: bidikmisi@ristekdikti.go.id
Bantuan: helpdeskbidikmisi.zendesk.com

    Download Panduan Pendaftaran Bidikmisi Tahun 2019 Jalur SNMPTN, SBMPTN, PMDK-PN, UMPN dan Mandiri

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Panduan Pendaftaran Bidikmisi 2019 Tahun 2019 Jalur SNMPTN, SBMPTN, PMDK-PN, UMPN dan Mandiri ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:





    Download File:

    Panduan Pendaftaran Bidikmisi Tahun 2019 Jalur SNMPTN dan SBMPTN.pdf
    Panduan Pendaftaran Bidikmisi Tahun 2019 Jalur PMDK-PN, UMPN dan Mandiri.pdf


    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Panduan Pendaftaran Bidikmisi 2019 Tahun 2019 Jalur SNMPTN, SBMPTN, PMDK-PN, UMPN dan Mandiri. Semoga bisa bermanfaat.

    Selamat mengikuti proses seleksi masuk perguruan tinggi melalui Jalur Seleksi  Nasional  Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi  Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

    Download Aplikasi Admnistrasi Guru :

      Semoga dengan adanya file Tentang yang Admin bagikan/Share di atas bisa membantu dan memenuhi Semua Kelengakapan Administrasi Sekolahnya masing-masing demi peningkatan mutu pendidikan dalam menghadapi era globlisai dan modernisasi.

      Subscribe to receive free email updates:

      0 Response to "Panduan Pendaftaran Bidikmisi Tahun 2019 Jalur SNMPTN, SBMPTN, PMDK-PN, UMPN dan Mandiri"

      Post a Comment