Pedoman NSDC (National Schools Debating Championship) SMA 2019

Merupakan file contohformat.net yang bisa digunakan untuk melengkapi semua keperluan administrasi di sekolah yang berhubungan dengan Bahasa Inggris, Download, Kemdikbud, Lomba, MA, PDF, Pedoman, SMA bisa juga di gunakan sebagai bahan perbandingan atau referensi sesuai keperluan sekolah agar lebih mudah dalam membuat dan mengelola semua kelengkapan Administrasi Guru di sekolah, Untuk lebih jelasnya silahkan disimak Ulasan dan referensi tentang file Pedoman NSDC (National Schools Debating Championship) SMA 2019 dibawah ini:

Berikut ini adalah berkas Pedoman NSDC (National Schools Debating Championship) SMA 2019. Download file format PDF.

Pedoman NSDC (National Schools Debating Championship) SMA 2019
Pedoman NSDC (National Schools Debating Championship) SMA 2019

Pedoman NSDC (National Schools Debating Championship) SMA 2019

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Pedoman NSDC (National Schools Debating Championship) SMA 2019:

Globalisasi sebagai suatu proses sosial dan proses alamiah akan membawa seluruh bangsa dan negara di dunia makin terikat satu sama lain dan mewujudkan satu tatanan kehidupan baru atau kesatuan koeksistensi dengan mengesampingkan batas-batas geografis, ekonomi dan budaya masyarakat. Fenomena ini bukan hanya membawa dampak tetapi juga menjadi memberikan tantangan bagi generasi muda untuk terus meningkatkan kompetensi. Globalisasi ini bukan hanya mengharuskan generasi muda untuk bersaing dalam berkomunkasi secara universal, namun kemampuan analitis dan berpikir kritis menjadi sebuah kemampuan yang juga tidak dapat dikesampingkan lagi.

Peningkatan kompetensi dan keterampilan ini sejalan dengan semangat implementasi kurikulum 2013. Salah satu upaya untuk mewujudkan peningkatan kompetensi tersebut adalah dengan mewadahi siswa, dalam hal ini siswa SMA, dengan kegiatan positif yang memacu semangat berkompetisi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan melalui bakat/minat, antara lain adalah dengan melaksanakan kegiatan Lomba Debat Bahasa Inggris atau National Schools Debating Championship (NSDC) Tingkat Nasional.

Kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2019 di Provinsi Kalimantan Selatan ini bertujuan untuk melatih siswa SMA agar terbiasa berpikir kreatif dan analitis, mampu berkomunikasi secara efektif serta menyampaikan argumentasi di depan publik dengan bahasa inggris yang baik serta dapat menjadi modal yang baik dalam berkompetisi dalam persaingan yang semakin global.

Buku panduan ini disusun dengan maksud memberikan gambaran pelaksanaan kegiatan, sehingga dapat digunakan sebagai acuan bagi pihak-pihak terkait yang membutuhkan informasi mengenai kegiatan National Schools Debating Championship (NSDC).

A. Latar Belakang
National Schools Debating Championship (NSDC) merupakan lomba debat bahasa Inggris tingkat nasional. Lomba ini dilaksanakan untuk menjaring siswa-siswa unggul yang akan mengikuti World School Debating Championship (WSDC), ke tingkat Internasional.

National Schools Debating Championship ini merupakan suatu wahana bagi seluruh peserta didik, sebagai ajang unjuk kemampuan dan kreativitas berdebat dengan berbagai bidang ilmu pengetahuan tentang isu-isu global masa kini agar berpikir kritis serta mampu mengembangkan potensi secara menyeluruh dan seimbang pada semua aspek kecerdasan. Kegiatan ini akan diikuti oleh 34 tim perwakilan dari 34 provinsi seluruh Indonesia yang terdiri dari 3 (tiga) orang siswa dan 1 (satu) orang pendamping.

Sehubungan hal tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia akan melaksanakan kegiatan NSDC ini pada tanggal 13-18 Agustus 2019, di Provinsi Kalimantan Selatan.

B. Tujuan
1. Umum
a. Memperluas wawasan para siswa agar mampu bersaing secara kompetitif dan berkomunikasi secara efektif dalam bahasa Inggris.
b. Melatih siswa agar terbiasa menyampaikan pendapat dengan baik, serta berpikir kritis, kreatif, analitis, konstruktif dan bersikap sportif.
c. Membekali siswa sebagai anggota masyarakat yang potensial dengan wawasan pengetahuan dan kemampuan berkomunikasi yang baik.

2. Khusus
a. Membangun antusiasme yang tinggi dari seluruh peserta untuk mengikuti perlombaan dalam bahasa inggris.
b. Membangun kemampuan berpikir kritis siswa mengenai isu-isu aktual yang sedang terjadi di dalam maupun luar negeri.
c. Membangun kesadaran siswa akan pentingnya toleransi dan menghormati perbedaan berpendapat.
d. Menjaring siswa untuk mewakili tim Indonesia di ajang World Schools Debating Championship (WSDC).

C. Hasil yang Diharapkan
  1. Terbangunnya antusiasme yang tinggi dari seluruh peserta untuk mengikuti perlombaan.
  2. Terbangunnya kemampuan berpikir kritis siswa mengenai isu-isu aktual yang sedang terjadi di dalam maupun luar negeri.
  3. Terbangunnya kesadaran siswa akan pentingnya toleransi dan menghormati perbedaan berpendapat.
  4. Terjaringnya siswa berbakat yang akan mewakili Indonesia di tingkat internasional dalam ajang WSDC.

Sebagai gambaran, berkas buku Pedoman NSDC (National Schools Debating Championship) SMA 2019 berisi antara lain:

BAB I: PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Tujuan
C. Hasil yang Diharapkan

BAB II: MEKANISME SELEKSI DAN PENILAIAN
A. Kriteria Peserta
B. Katagori TIM
C. Mekanisme Seleksi & Sistem Lomba
D. Sistem Seleksi & Penilaian
E. Mekanisme Penilaian
F. Kriteria Penilaian

BAB III: PENJURIAN
A. Kriteria Dewan Juri
B. Kode Etik

BAB IV: PESERTA

BAB V: PELAKSANAAN NSDC 2019
A. Waktu dan Tempat
B. Persidangan
C. Jadwal Kegiatan

BAB VI : PENGHARGAAN NSDC
BAB VII : PENUTUP
LAMPIRAN

    Download Pedoman NSDC SMA 2019

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Pedoman NSDC (National Schools Debating Championship) SMA 2019 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:



    Download File:

    Pedoman NSDC (National Schools Debating Championship) SMA 2019.pdf

    Sumber: https://psma.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Pedoman NSDC (National Schools Debating Championship) SMA 2019. Semoga bisa bermanfaat.

    Download Aplikasi Admnistrasi Guru :

      Semoga dengan adanya file Tentang yang Admin bagikan/Share di atas bisa membantu dan memenuhi Semua Kelengakapan Administrasi Sekolahnya masing-masing demi peningkatan mutu pendidikan dalam menghadapi era globlisai dan modernisasi.

      Subscribe to receive free email updates:

      0 Response to "Pedoman NSDC (National Schools Debating Championship) SMA 2019"

      Post a Comment