Buku Mikrobiologi Kelas X SMK Paket Keahlian Kimia Analisis

Merupakan file contohformat.net yang bisa digunakan untuk melengkapi semua keperluan administrasi di sekolah yang berhubungan dengan Biologi, Buku, Download, IPA, Kimia, Kurikulum 2013, PDF, SMK bisa juga di gunakan sebagai bahan perbandingan atau referensi sesuai keperluan sekolah agar lebih mudah dalam membuat dan mengelola semua kelengkapan Administrasi Guru di sekolah, Untuk lebih jelasnya silahkan disimak Ulasan dan referensi tentang file Buku Mikrobiologi Kelas X SMK Paket Keahlian Kimia Analisis dibawah ini:

Berikut ini adalah berkas Buku Mikrobiologi Kelas X (10) SMK Paket Keahlian Kimia Analisis Kurikulum 2013. Download file format PDF.

Buku Teks Bahan Ajar Siswa Kelas X SMK Paket Keahlian Kimia Analisis Kurikulum 2013 ini diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan SMK Kemdikbud RI. 

Buku Mikrobiologi Kelas X SMK Paket Keahlian Kimia Analisis Kurikulum 2013
Buku Mikrobiologi Kelas X SMK Paket Keahlian Kimia Analisis Kurikulum 2013

Buku Buku Mikrobiologi Kelas X (10) SMK Paket Keahlian Kimia Analisis Kurikulum 2013.

Berikut ini kutipan teks dari isi berkas Buku Mikrobiologi Kelas X (10) SMK Paket Keahlian Kimia Analisis Kurikulum 2013.:

Kurikulum 2013 dirancang untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi sikap, pengetahuan dan keterampilan secara utuh. Keutuhan tersebut menjadi dasar dalam perumusan kompetensi dasar tiap mata pelajaran mencakup kompetensi dasar kelompok sikap, kompetensi dasar kelompok pengetahuan, dan kompetensi dasar kelompok keterampilan. Semua mata pelajaran dirancang mengikuti rumusan tersebut.

Pembelajaran kelas X dan XI jenjang Pendidikan Menengah Kejuruhan yang disajikan dalam buku ini juga tunduk pada ketentuan tersebut. Buku siswa ini diberisi materi pembelajaran yang membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterapilan dalam menyajikan pengetahuan yang dikuasai secara kongkrit dan abstrak, dan sikap sebagai makhluk yang mensyukuri anugerah alam semesta yang dikaruniakan kepadanya melalui pemanfaatan yang bertanggung jawab.

Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharuskan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam kurikulum 2013, siswa diberanikan untuk mencari dari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serp siswa dengan ketersediaan kegiatan buku ini. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Deskripsi
Buku ini berisikan tentang identifikasi bakteri, khamir dan kapang; jenis – jenis bakteri, khamir dan kapang. Penggolongan bakteri, khamir dan kapang . Kondisi optimum berbagai bakteri, khamir dan kapang, dan cara mengidentifikasi/menggolongkan bakteri, khamir dan kapang.

Pembuatan Media Pertumbuhan (bahan dasar media, jenis- jenis media pertumbuhan berdasarkan sifat fisik, komposisi, tujuan (selektif, diperkaya) sifat- sifat media, komposisi media pertumbuhan, dan teknik pembuatan media).

Melakukan sterilisasi dan uji sterilitas (prinsip dan tujuan sterilisasi, pengoperasian neraca, inkubator dan autoclave, sterilisasi ruangan, sterilisasi peralatan, sterilisasi media, bahan kimia untuk sterilisasi ruangan (meja, inkas pekerja, dan lain - lain).

Inokulasi dan isolasi (peralatan untuk isolasi dan inokulasi , maca –macam teknik preparasi pengambilan sampel mikroba , ciri-ciri bakteri Gram negatif dan Gram positif, teknik pengecatan bakteri, macam–macam teknik penanaman, cara mendapatkan kultur murni ( pengenceran bertingkat, goresan), menguji kultur murni.

Pembuatan produk dan atau pengolahan limbah dengan menggunakan jasa mikroba: bahan baku atau media untuk pembuatan produk makanan/minuman/bahan industri, jenis mikroba yang digunakan untuk proses fermentasi dalam pembuatan produk makanan/minuman/atau bahan industri, kondisi optimum proses fermentasi, pengendalian proses fermentasi pembuatan produk industri secara fermentasi, pemisahan produk 

Prasarat
Sebelum mempelajari buku mikrobiologi ini siswa disyaratkan telah mempelajari materi biologi.

Petunjuk Penggunaan Buku

Penjelasan bagi Peserta Didik
  1. Bacalah Buku ini secara berurutan dari Kata Pengantar sampai Daftar Cek Kemampuan, pahami dengan benar isi dari setiap babnya.
  2. Setelah Anda mengisi Cek Kemampuan, apakah Anda termasuk kategori orang yang perlu mempelajari buku ini? Apabila Anda menjawab Ya, maka pelajari buku ini.
  3. Laksanakan semua tugas yang ada dalam modul ini agar kompetensi Anda berkembang sesuai standar.
  4. Lakukan kegiatan belajar untuk mendapatkan kompetensi sesuai dengan yang disetujui oleh Guru.
  5. Setiap mempelajari satu sub kompetensi, Anda harus mulai dari memahami tujuan kegiatan pembelajarannya, menguasai pengetahuan pendukung (Uraian Materi), melaksanakan tugas-tugas dan mengerjakan soal latihan.
  6. Setelah selesai mempelajari modul ini silahkan Anda mengerjakan latihan.
  7. Laksanakan Lembar Kerja untuk pembentukan psikomotorik skills sampai Anda benar-benar terampil sesuai standar. Apabila Anda mengalami kesulitan dalam melaksanakan tugas ini, konsultasikan dengan guru.
  8. Setelah Anda merasa benar-benar menguasai seluruh kegiatan belajar dalam modul ini, mintalah evaluasi dari guru.

Peran Guru
  1. Membantu siswa dalam merencanakan proses belajar.
  2. Membimbing siswa melalui tugas-tugas pelatihan yang dijelaskan dalam tahap belajar. 
  3. Membantu siswa dalam memahami konsep dan praktek baru serta menjawab pertanyaan siswa mengenai proses belajar siswa.
  4. Membantu siswa untuk menentukan dan mengakses sumber tambahan lain yang diperlukan untuk belajar.
  5. Mengorganisasikan kegiatan belajar kelompok jika diperlukan.
  6. Melaksanakan penilaian.
  7. Menjelaskan kepada siswa mengenai bagian yang perlu untuk dibenahi dan merundingkan rencana pembelajaran selanjutnya.
  8. Mencatat pencapaian kemajuan siswa.

Tujuan Akhir
Setelah mempelajari buku ini siswa mampu :
  1. Menganalisis ciri-ciri koloni dan sel jamur, bakteri, dan yeast secara mikroskopis
  2. Melaksanakan identifikasi jamur, bakteri, dan yeast dengan mikroskop
  3. Menerapkan pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural dalam membuat media
  4. Membuat media untuk pertumbuhan dan isolasi
  5. Menerapkan konsep dan prinsip teknik sterilisasi dan uji sterilitas
  6. Menerapkan konsep dan prinsip teknik isolasi dan inokulasi
  7. Melaksanakan isolasi dan inokulasi
  8. Menerapkan jenis dan sifat serta kondisi optimum pertumbuhan mikroba untuk proses pembuatan makanan/minuman/bahan bakar/pengolahan limbah
  9. Melaksanakan pembuatan makanan/minuman/bahan bakar/pengolahan limbah

    Download Buku Mikrobiologi Kelas X (10) SMK Paket Keahlian Kimia Analisis Kurikulum 2013.

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Mikrobiologi Kelas X (10) SMK Paket Keahlian Kimia Analisis Kurikulum 2013. ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Buku Mikrobiologi Kelas X (10) SMK Paket Keahlian Kimia Analisis Kurikulum 2013.



    Download File:
    Buku Mikrobiologi Kelas X SMK Paket Keahlian Kimia Analisis.pdf

    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Mikrobiologi Kelas X (10) SMK Paket Keahlian Kimia Analisis Kurikulum 2013.. Semoga bisa bermanfaat.

    Download Aplikasi Admnistrasi Guru :

      Semoga dengan adanya file Tentang yang Admin bagikan/Share di atas bisa membantu dan memenuhi Semua Kelengakapan Administrasi Sekolahnya masing-masing demi peningkatan mutu pendidikan dalam menghadapi era globlisai dan modernisasi.

      Subscribe to receive free email updates:

      0 Response to "Buku Mikrobiologi Kelas X SMK Paket Keahlian Kimia Analisis"

      Post a Comment