Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 SMP

Merupakan file contohformat.net yang bisa digunakan untuk melengkapi semua keperluan administrasi di sekolah yang berhubungan dengan Download, Kemdikbud, Kepala Sekolah, Kurikulum 2013, Modul, PDF, SMP bisa juga di gunakan sebagai bahan perbandingan atau referensi sesuai keperluan sekolah agar lebih mudah dalam membuat dan mengelola semua kelengkapan Administrasi Guru di sekolah, Untuk lebih jelasnya silahkan disimak Ulasan dan referensi tentang file Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 SMP dibawah ini:

Berikut ini adalah berkas Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 SMP. diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan - Kemdikbud Tahun 2018. Modul ini merupakan modul pelatihan kurikulum 2013 bagi kepala sekolah tahun 2018. Download file format PDF.

Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 SMP
Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 SMP

Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 SMP

Berikut ini kutipan teks dari isi berkas Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 SMP:

PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL MANAJEMEN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
  1. Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 untuk Kepala Sekolah jenjang SMP berisi pembelajaran tentang Analisis dokumen SKL, KI-KD, dan Silabus, analisis materi dalam buku teks pelajaran, analisis penilaian dan pengelolaan hasil belajar, analisis model pembelajaran, merancang pembelajaran, strategi pengelolaan implementasi kurikulum 2013, dan strategi Penyempurnaan Buku KTSP.
  2. Setelah mempelajari ini, kepala sekolah diharapkan dapat memahami proses: a. menganalisis dokumen SKL,KI-KD, silabus, b. menganalisis materi dalam buku teks pelajaran, c. menganalisis penilaian dan pengolahan hasil belajar, d. menganalisis model pembelajaran, e. merancang pembelajaran, f. melaksanakan strategi Pengelolaan Implementasi kuriklum 2013, g. melaksanakan strategi Penyempurnaan Buku KTSP.
  3. Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 jenjang SMP terdiri dari 3 (tiga) bagian yaitu: Bagian I. Penjelasan Umum Modul; Bagian II. Prinsip Penyusunan Kurikulum 2013, Bagian III. Pengembangan Strategi Penyusunan Kurikulum 2013.
  4. Sebelum mempelajari modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 ini, Saudara harus menyiapkan dokumen-dokumen berikut: a. Dokumen KTSP buku I b. Dokumen silabus 7 mata pelajaran yang berbeda c. Dokumen 7 RPP terbaik dari mata pelajaran yang berbeda d. Buku teks mata pelajaran.
  5. Modul ini berkaitan dengan modul Pengembangan Fungsi Supervisi Akademik dalam Implementasi Kurikulum 2013.
  6. Waktu yang dipergunakan untuk mempelajari modul ini diperkirakan 25 Jam Pembelajaran (JP). Satu JP setara dengan 45 menit. Perkiraan waktu ini sangat fleksibel sehingga bisa disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan. Penyelenggara pembelajaran bisa menyesuaikan waktu dengan model pembelajaran di Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS), Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Dinas Pendidikan Provinsi, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPPTK KPTK), atau model pembelajaran lain dengan pemanfaatan teknologi lain.
  7. Untuk melakukan kegiatan pembelajaran, Saudara harus mulai dengan membaca petunjuk dan pengantar modul ini, menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan/diminta, mengikuti tahap demi tahap kegiatan pembelajaran secara sistematis dan mengerjakan perintah-perintah kegiatan pembelajaran pada Lembar Kerja (LK). Untuk melengkapi pemahaman, Saudara dapat membaca bahan bacaan dan sumber-sumber lain yang relevan.
  8. Modul ini disusun dengan mengintegrasikan keterampilan yang diperlukan peserta didik agar mampu bertahan di abad XXI, yakni literasi dasar (bagaimana peserta didik menerapkan keterampilan berliterasi untuk kehidupan sehari-hari), kompetensi (bagaimana peserta didik menyikapi tantangan yang kompleks), dan karakter (bagaimana peserta didik menyikapi perubahan lingkungan mereka).
  9. Setelah mempelajari modul ini, Saudara dapat mengimplementasikan hasil belajar tersebut di sekolah dengan tetap mengintegrasikan literasi, kompetensi dan karakter. Waktu pelaksanaan yang direkomendasikan adalah pada awal tahun ajaran (semester satu).

Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari modul ini, Saudara diharapkan mampu memahami proses:
  1. Menganalisis dokumen SKL,KI-KD, silabus
  2. Menganalisis materi dalam buku teks pelajaran
  3. Menganalisis penilaian dan pengolahan hasil belajar
  4. Menganalisis model pembelajaran
  5. Merancang pembelajaran
  6. Menyusun strategi pengelolaan implementasi kuriklum 2013
  7. Menyempurnakan Buku KTSP

Isi Modul
Prinsip Penyusunan Kurikulum 2013
Topik 1. Analisis dokumen SKL,KI-KD, dan Silabus
Topik 2. Analisis materi dalam buku teks pelajaran
Topik 3. Analisis penilaian dan pengelolaan hasil belajar
Topik 4. Analisis model pembelajaran
Topik 5. Perancangan pembelajaran

Pengembangan Strategi Penyusunan Kurikulum 2013
Topik 1. Strategi Pengelolaan Implementasi Kurikulum 2013
Topik 2. Strategi Penyempurnaan Buku KTSP

    Download Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 SMP

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 SMP ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 SMP



    Download File:
    Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 Tingkat SMP.pdf

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 SMP. Semoga bisa bermanfaat.

    Download Aplikasi Admnistrasi Guru :

      Semoga dengan adanya file Tentang yang Admin bagikan/Share di atas bisa membantu dan memenuhi Semua Kelengakapan Administrasi Sekolahnya masing-masing demi peningkatan mutu pendidikan dalam menghadapi era globlisai dan modernisasi.

      Subscribe to receive free email updates:

      0 Response to "Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 SMP"

      Post a Comment