Panduan SIsPenA-SM (Sekolah - Madrasah)

Merupakan file contohformat.net yang bisa digunakan untuk melengkapi semua keperluan administrasi di sekolah yang berhubungan dengan Akreditasi, aplikasi, Dapodik, Download, Madrasah, PDF, Sekolah bisa juga di gunakan sebagai bahan perbandingan atau referensi sesuai keperluan sekolah agar lebih mudah dalam membuat dan mengelola semua kelengkapan Administrasi Guru di sekolah, Untuk lebih jelasnya silahkan disimak Ulasan dan referensi tentang file Panduan SIsPenA-SM (Sekolah - Madrasah) dibawah ini:

Berikut ini adalah berkas Panduan SIsPenA-SM (Sekolah - Madrasah). Download file format PDF.

Panduan SIsPenA-SM (Sekolah - Madrasah)
Panduan SIsPenA-SM (Sekolah - Madrasah)

Panduan SIsPenA-SM (Sekolah - Madrasah)

Berikut ini kutipan teks dari isi berkas Panduan SIsPenA-SM (Sekolah - Madrasah):
Panduan SIsPenA-SM (Sekolah - Madrasah). Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah.

Tutorial ini akan memberikan pemahaman kepada Sekolah/Madrasah bagaimana menggunakan aplikasi Sispena-S/M (Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah/Madrasah.)

Aplikasi Sispena-S/M adalah aplikasi penilaian akreditasi yang berbasis web, dimana bisa akses dimana saja, kapan saja dengan syarat terhubung dengan internet. Selain bisa diakses menggunakan Laptop atau komputer aplikasi juga bisa diakses menggunakan handphone ataupun device yang resolusinya lebih kecil.

Adapun langkah-langkah untuk mengakses atau menggunakan aplikasi Sispena-S/M yaitu:
  1. Buka url: bansm.kemdikbud.go.id/sispena di halaman browser.
  2. Atau bisa klik link banner Sispena-S/M yang terdapat di sebelah kiri bawah website http://bansm.kemdikbud.go.id 
  3. Akan muncul halaman login 
  4. Selanjutnya masukkan user (NPSN) dan password yang dimiliki. Untuk password default adalah NPSN juga
  5. Masukkan kode pengaman yang muncul secara acak pada form di bawahnya. dan klik link di sini untuk mengganti kode yang muncul apabila kode tidak jelas
  6. Kalau sudah user password dan kode pengaman terisi klik
  7. Apabila berhasil masuk maka, Sistem akan langsung menampilkan jendela form identitas sekolah yang sebagian besar telah terisi dari data dapodik/EMIS. 
  8. Khusus untuk Jenjang SMK, terdapat form isian program keahlian yang bisa diisi lebih dari satu program keahlian.
  9. Selain itu, data yang wajib diisi sekolah adalah status akreditasi terakhir, tahun akreditasi serta visi dan misi.
  10. Setelah terisi selanjutnya klik Submit
  11. Selanjutnya sekolah mengklik Menu Data Isian Akreditasi atau DIA yang ada disamping kiri untuk memulai proses penginputan isian akreditasi.
  12. Terdapat beberapa menu pada isian akreditasi diantaranya: Pernyataan Kepala Sekolah/Madrasah, Pemutakhiran data, Prasyarat Akreditasi, Data Isian Akreditasi, dan Kartu Kendali. 
  13. Langkah awal pengisian DIA klik menu Pernyataan Kepala Sekolah
  14. Akan muncul jendela Form Upload Pernyataan Kepala Sekolah
  15. Klik tombol download (unduh) format, apabila belum memiliki format pernyataan kepala sekolah/madrasah, lalu Save (Simpan). 
  16. Isilah format pernyataan kepala sekolah yang telah didownload.
  17. Setelah format tersebut diisi, ditandatangan dan distempel, selanjutnya discan/dipindai dan dimasukan ke dalam Sispena-S/M dengan mengklik Tombol Choose File (Pilih File) lalu tekan tombol Simpan.
  18. Apabila file sudah terkirim ke dalam sistem, maka akan muncul tombol sudah terunggah.
  19. Tombol sudah terunggah akan mendownload file yang telah kita masukkan ke dalam sistem. Apabila file tersebut ingin diperbaharui atau diganti maka klik kembali Choose File untuk memilih file.
  20. Apabila telah selesai klik menu Pemutakhiran Data pada susunan menu DIA yang ada di Sispena-S/M.
  21. Ketika kita mengklik menu Pemutakhiran Data akan muncul submenu seperti siswa, mata pelajaran, guru tenaga kependidikan, sarana dan prasarana.
  22. Sebagai catatan penting dan untuk diketahui bersama, pemutakhiran data adalah proses untuk mengambil data sekolah/madrasah yang bersangkutan dari data dapodik melalui PDSPK Kemdikbud untuk Sekolah dan EMIS Kemenag untuk Madrasah. Data tersebut digunakan sebagai data referensi penginputan isian akreditasi pada Sispena-S/M. 
  23. Klik menu Siswa untuk mendapatkan data siswa sekolah dari dapodik/EMIS.
  24. Akan muncul jendela yang berisi menu pengambilan data dan daftar yang masih kosong. Selanjutnya klik Tombol Ambil data Dapodik/EMIS.
  25. Proses Ambil data Dapodik/EMIS siswa akan langsung dilakukan, dan apabila berhasil maka akan muncul data Rombongan Belajar dan Siswa serta tingkatnya seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
  26. Lakukan hal yang sama pada menu selanjutnya. Klik menu Mata pelajaran untuk mengambil data dari dapodik/EMIS untuk referensi ke Sispena-S/M. Lalu klik tombol Ambil data Dapodik/EMIS.
  27. Klik menu mata Pelajaran untuk mengambil data dari dapodik/EMIS untuk referensi ke Sispena-S/M. Lalu klik tombol Ambil data Dapodik/EMIS.
  28. Klik menu Guru Tenaga Kerja untuk mengambil data dari dapodik/EMIS untuk referensi ke Sispena-S/M. Lalu klik tombol Ambil data Dapodik/EMIS. 
  29. Klik menu Sarana untuk mengambil data dari dapodik/EMIS untuk referensi ke Sispena-S/M. Lalu klik tombol Ambil data Dapodik/EMIS.
  30. Klik menu Prasaran untuk mengambil data dari dapodik/EMIS untuk referensi ke Sispena-S/M. Lalu klik tombbol Ambil data Dapodik/EMIS.
  31. Untuk langkah selanjutnya klik Lanjut Prasyarat pada menu yang terdapat di jendela Pemutakhiran data atau bisa mengklik Prasyarat Akreditasi pada menu yang terdapat di Data Isian Akreditasi (DIA).

    Download Panduan SIsPenA-SM (Sekolah - Madrasah)

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Panduan SIsPenA-SM (Sekolah - Madrasah) ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Panduan SIsPenA-SM (Sekolah - Madrasah)



    Download File:
    Panduan SisPenA-SM (Sekolah-Madrasah).pdf

    Sumber: http://bansm.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Panduan SIsPenA-SM (Sekolah - Madrasah). Semoga bisa bermanfaat.

    Download Aplikasi Admnistrasi Guru :

      Semoga dengan adanya file Tentang yang Admin bagikan/Share di atas bisa membantu dan memenuhi Semua Kelengakapan Administrasi Sekolahnya masing-masing demi peningkatan mutu pendidikan dalam menghadapi era globlisai dan modernisasi.

      Subscribe to receive free email updates:

      0 Response to "Panduan SIsPenA-SM (Sekolah - Madrasah)"

      Post a Comment