Juklak Bantuan Pengembangan Teaching Factory SMK Tahun 2018

Merupakan file contohformat.net yang bisa digunakan untuk melengkapi semua keperluan administrasi di sekolah yang berhubungan dengan Download, Kemdikbud, microsoft Word, PDF, SMK bisa juga di gunakan sebagai bahan perbandingan atau referensi sesuai keperluan sekolah agar lebih mudah dalam membuat dan mengelola semua kelengkapan Administrasi Guru di sekolah, Untuk lebih jelasnya silahkan disimak Ulasan dan referensi tentang file Juklak Bantuan Pengembangan Teaching Factory SMK Tahun 2018 dibawah ini:

Berikut ini adalah berkas Juklak Bantuan Pengembangan Teaching Factory SMK Tahun 2018. Peraturan Kuasa Pengguna Anggaran Satuan Kerja Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Nomor: 082/D5.3/KU/2018 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Bantuan Pemerintah Teaching Factory Tahun 2018. Download file format .docx Microsoft Word dan PDF.

Juklak Bantuan Pengembangan Teaching Factory SMK Tahun 2018
Juklak Bantuan Pengembangan Teaching Factory SMK Tahun 2018

Juklak Bantuan Pengembangan Teaching Factory SMK Tahun 2018

Berikut ini kutipan teks dari isi berkas Juklak Bantuan Pengembangan Teaching Factory SMK Tahun 2018:

Peraturan Kuasa Pengguna Anggaran Satuan Kerja Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Nomor: 082/D5.3/KU/2018 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Bantuan Pemerintah Teaching Factory Tahun 2018.

Latar Belakang
Pentingnya penyediaan sumberdaya manusia (SDM) yang terampil dan siap kerja diwujudkan pemerintah melalui kebijakan peningkatan mutu pendidikan kejuruan yang memberi perhatian pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang lebih berorientasi pada permintaan pasar tenaga kerja masyarakat ekonomi ASEAN (MEA), dan mempersiapkan para lulusan dengan pembekalan karakter kewirausahaan (entrepreneurship) yang bersinergi erat dengan industri sebagai mitra utama dalam penerapan Teaching Factory. Pengalaman dari sejumlah industri yang telah bekerja sama dengan beberapa SMK yang telah menerapkan pola pembelajaran seperti Teaching Factory, unit produksi, dan sejenisnya, medapatkan respon positif dari Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI) atas peningkatan kualitas lulusannya.

Hubungan kerjasama antara SMK dengan industri dalam pola pembelajaran Teaching Factory akan berdampak positif untuk meningkatkan kerjasama (partnership) secara sistematis dan terencana didasarkan pada posisi win-win solution. Penerapan pola pembelajaran Teaching Factory merupakan sinkronisasi dunia pendidikan kejuruan dengan dunia industri, sehingga terjadi check and balance terhadap proses pendidikan pada SMK untuk menjaga dan memelihara keselarasan (link and match) dengan kebutuhan pasar kerja.

Kualitas guru pada kompetensi keahlian di SMK, saat ini menjadi trending topic permasalahan yang belum menemukan jalan keluarnya, dimana mayoritas dari mereka masih kurang memiliki pengalaman kerja industri yang memadai. Melalui pembelajaran pola Teaching Factory yang hakekatnya memboyong sistem industry sebagai pendekatan pembelajaran di SMK diharapkan terjadi transfer teknologi dari industry, yang pada gilirannya kualitas guru akan meningkat.

Pola pembelajaran Teaching Factory dirancang berbasis produksi barang/jasa dengan mengadopsi dan mengadaptasi standar mutu dan prosedur kerja industri, akan memberi pengalaman pembelajaran kompetensi tambahan terutama soft skill seperti etos kerja disiplin, jujur, bertanggungjawab, kreatif- inovatif, karakter kewirausahaan, bekerjasama, berkompetisi secara cerdas dan sebagainya. Kompetensi tersebut sangat sulit diperoleh melalui pendidikan kejuruan yang diselenggarakan secara konvensional, yang pada pembelajarannya hanya dilaksanakan sampai pada pencapaian kompetensi keahlian sebagai hard skill.

Tujuan
  1. Mempersiapkan lulusan SMK untuk siap kerja dan pelaku wirausaha;
  2. Membantu siswa memilih bidang kerja yang sesuai dengan kompetensinya;
  3. Menumbuhkan kreatifitas siswa melalui learning by doing;
  4. Memberikan keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia kerja;
  5. Memperluas cakupan kesempatan rekruitmen bagi lulusan SMK;
  6. Membantu siswa SMK dalam mempersiapkan diri menjadi tenaga kerja, serta membantu menjalin kerjasama dengan dunia kerja yang aktual;
  7. Memberikan kesempatan kepada siswa SMK untuk melatih keterampilannya sehingga dapat membuat keputusan tentang karir yang akan dipilih.

Pemberi Bantuan Pemerintah
Pemberi Bantuan Pengembangan Teaching Factory adalah Direktorat Pembinaan SMK melalui DIPA Satuan Kerja Direktorat Pembinaan SMK tahun 2018.

Rincian Jumlah Bantuan
Rincian jumlahBantuanPengembangan Teaching Factory adalah sebesar Rp70.000.000.000,00 untuk 350 SMK. 

Hasil yang Diharapkan
Hasil yang diharapkan pada program ini sebagai berikut:
  1. Adanya kesesuaian dan keselarasan antara kompetesi lulusan SMK dengan kompetensi yang dibutuhkan dunia usaha/Dunia industri (Du/Di);
  2. Terselenggaranya pembelajaran model Teaching Factory sekurang- kurangnya pada satu kompetensi keahlian;
  3. Meningkatnya hubungan kerjasama dengan Dunia Usaha/Dunia Industri (Du/Di);
  4. Kemampuan siswa dalam menghasilkan suatu produk barang/jasa sesuai dengan standar pasar;
  5. Terbangunnya mekanisme suplay–demand produk barang/jasa.

Bentuk Bantuan Pemerintah
Bentuk Bantuan adalah Bantuan Pemerintah yang diberikan dalam bentuk uang.

Karakteristik Program Bantuan Pemerintah
  1. Bantuan ini harus dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan (Perpres No. 54 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dan perubahannya);
  2. Bantuan ini harus dikelola secara transparan, menganut azas dan prinsip-prinsip tata kelola yang baik (good governance);
  3. Bantuan ini diberikan secara utuh dan tidak diperkenankan melakukan pemotongan dengan alasan apapun oleh pihak manapun;
  4. Bantuan ini harus dikelola secara efisien dan efektif serta dapat dipertanggungjawabkan baik fisik, administrasi maupun keuangan. 

Persyaratan Penerima Bantuan Pemerintah
Persyaratan SMK penerima bantuan Pengembangan Teaching Factory adalah sebagai berikut:
  1. Diprioritaskan SMK yang memiliki sumberdaya yang baik pada komponen: - Manajemen; - Hubungan dengan DuDi; - Tempat praktik bengkel/lab/lahan; - Marketing/ promosi; - Unit Produksi; - Sumberdaya Manusia (SDM).
  2. Proposal/Rancangan program telah disetujui oleh Dinas Pendidikan Provinsi.

Dalam Juklak Bantuan Pengembangan Teaching Factory SMK Tahun 2018 ini disertakan juga Lampiran format Rancangan Program Kerja Pengembangan Teaching Factory Tahun 2018 Dalam Rangka Usulan Bantuan Teaching Factory 2018).

    Download Juklak Bantuan Pengembangan Teaching Factory SMK Tahun 2018

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Juklak Bantuan Pengembangan Teaching Factory SMK Tahun 2018 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Juklak Bantuan Pengembangan Teaching Factory SMK Tahun 2018



    Download File:

    Juklak Bantuan Pengembangan Teaching Factory SMK Tahun 2018.pdf
    Lampiran - Format Rancangan Program Kerja Pengembangan Teaching Factory Tahun 2018 Dalam Rangka Usulan Bantuan Teaching Factory 2018).docx


    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Juklak Bantuan Pengembangan Teaching Factory SMK Tahun 2018Peraturan Kuasa Pengguna Anggaran Satuan Kerja Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Nomor: 082/D5.3/KU/2018 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Bantuan Pemerintah Teaching Factory Tahun 2018. Semoga bisa bermanfaat.

    Download Aplikasi Admnistrasi Guru :

      Semoga dengan adanya file Tentang yang Admin bagikan/Share di atas bisa membantu dan memenuhi Semua Kelengakapan Administrasi Sekolahnya masing-masing demi peningkatan mutu pendidikan dalam menghadapi era globlisai dan modernisasi.

      Subscribe to receive free email updates:

      0 Response to "Juklak Bantuan Pengembangan Teaching Factory SMK Tahun 2018"

      Post a Comment